03 Desember, 2017

Kandungan Dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh

Ditulis oleh: Redaksi media Dokter     03 Desember, 2017    

Kandungan Dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh : Didalam buah kopi tekandung beberapa nutrisi antara lain bahan kering, lemak kasar, serat kasar, protein kasar, abu, air.

Kopi menjadi begitu terkenal dikarenakan tingginya kadar kafein didalamnya. Senyawa yang juga terdapat dalam daun teh dan biji coklat ini merupakan hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid tanaman kopi dan memiliki rasa pahit. Sejumlah efek dari kopi terhadap kesehatan sangat dipengaruhi oleh aktivitas kafein dalam tubuh. Kafein sendiri berperan dalam meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh akan tetap terjaga serta dapat memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Dan efek dari kafein terhadap tubuh sendiri umumnya akan dirasakan setelah beberapa jam kemudian setelah anda mengkonsumsi kopi.
sejumlah khasiat mengkonsumsi kopi untuk tubuh

Jumlah kafein yang masuk kedalam tubuh melalui kopi tentu ada batas amannya juga, karena bila terlalu berlebihan, dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan anda.

Dibawah ini adalah daftar jumlah kafein kopi dalam berbagai sumber dan jenis minuman sehingga diharapkan anda bisa mengetahui jumlah asupan kafein kedalam tubuh.

SUMBER
KAFEIN
Secangkir kopi
85 mg
Secangkir the
35 mg
Minuman Berkarbonasi
35 mg
Minuman Berenergi
50 mg
JENIS KOPI
KAFEIN
Kopi instant
2,8-5 %
Kopi moka
1,00%
Kopi robusta
1,48%
Kopi arabika
1,10%

Manfaat kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Efek dari kafein dalam kopi akan dirasakan beragam oleh tubuh manusia. Ada yang langsung bisa merasakan efeknya secara langsung, sebagian lainnya bahkan tidak merasakan sama sekali. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan dari sifat genetika yang dimiliki oleh masing-masing orang terkait kemampuan metabolisme tubuhnya dalam mencerna kafein.

Dari beberapa hasil penelitian didapatkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu tubuh dalam menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap, dan juga menurunkan resiko terkena diabetes mellitus tipe 2.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat kopi untuk tubuh.

1. Mencegah batu ginjal.
Salah satu penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi  4 cangkir kopi setiap harinya, memiliki resiko tekena batu ginjal 25% lebih rendah dibandingkan mereka dengan konsumsi kopi kurang dari 4 cangkir.

2. Mencegah depresi.
Laporan penelitian (diterbitkan dalam Archives of internal medicine, 2011) menyebutkan bahawa wanita dengan konsumsi kopi 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki resiko tekena depresi 15% lebih rendah.

3. Mampu tingkatkan ketajaman ingatan.
Hasil penelitian Radiological Society of North Amerika thn 2005, menyebutkan bahwa seseorang dengan konsumsi 2 buah kopi berkafein tinggi dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan kecepatan reaksi dari tubuh orang tersebut.

4. Menurunkan resiko diabetes.
Orang yang mengkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan resiko terkena resiko diabetes tipe 2 (Journal of Agricultural & Food Chemistry, 2012).

5. Menurunkan risiko terkena kanker.
Penelitian tahun 2008 di swedia menyebutkan bahwa dengan minum 2-3 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko tubuh dari serangan kanker seperti kanker payudara, lecer, prostat.

6. Membantu metabolisme tubuh.
Konsumsi kopi bisa melancarkan metabolisme tubuh dan tentunya hal ini baik untuk anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

7. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Laporan penelitan (diterbitkan dalam journal of the American Medical Association, 2000) menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi dapat menurunkan resiko penyakit parkitson. Penelitian lainya yang dilakukan tahun 2010 juga memperoleh hasil bahwa dengan mengkonsumsi 2-3 gelas cangkir kopi dapat menurunkan resio penyakit parkitso sekitar 25%.

8. Sumber antioksidan bagi tubuh.
Salah seorang peneliti dari Harvard bernama Edward Giovannuci menunjukkan bahwa antioksidan dalam kopi lebih tinggi dibandingkan kebanyakan sayuran dan buah

9. Meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat berkerja.

10. Mencegah gout ( penyakit asam urat ).
Gout adalah penyakit dikarenakan penumpukkan asam urat secara berlebihan didalam tubuh, baik akibat adanya peningkatan produksi ataupun asupan makanan dengan kandungan purin berlebih, dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Pada akhirnya kristal asam urat menumpuk di persendian tubuh.
Dengan mengkonsumsi  4-6 gelas kopi sehari memiliki resiko tekenna encok 60% lebih rendah.

Demikian ulasan mengenai kandungan dan manfaat kopi untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

Comments
0 Comments

0 komentar :