12 November, 2017

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Ditulis oleh: Redaksi media Dokter     12 November, 2017    

Apakah Boleh Ibu Hamil atau wanita hamil Makan Durian? Durian, buah yang mungkin menjadi favorit orang banyak ini diyakini sebagai jenis buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan durian?
 

Durian merupakan jenis buah yang sering kali dipertanyakan oleh ibu hamil sehingga mereka kebingungan karena merasa takut terkait dampak negatif pada kandungan yang ditimbulkan oleh buah durian ini.

Apakah Boleh Ibu hamil Makan Buah Durian?


Menurut Berikut ulasan dari dr. Grace Valentine, Sp.OG. bahwa makan atau konsumsi buah durian bagi Ibu Hamil itu tidak masalah, karena namanya juga hamil pastinya ngidam makanan yang enak enak donk. Buah Durian aman untuk dimakan oleh ibu hamil, tetapi ingat dengan porsinya jangan sampai berlebihan. Belum ada yang terbukti dan menunjukkan konsumsi durian dapat menyebabkan efek negatif terhadap kehamilan seorang ibu.

Terdapat penelitian dari buah durian ini dengan memberikan keuntungan yang positif. Karena durian mengandung organo-sulfur dan tryptophan. yang maksudnya, buah durian tersebut terkandung efek antioksidan dan juga bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri dan antijamur yang dapat menjadi suatu keuntungan bagi ibu hamil.

Durian memang buah yang panas, tetapi memiliki serat yang tinggi seperti kaya akan besi dan mineral, magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga yang terkandung pada durian juga dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Walaupun memiliki efek demikian, durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Dua butir durian berukuran sedang mengandung 60 kalori, sehingga durian termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Karenanya, wanita hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi durian.

2 komentar :

  1. Banyak mengatakan perempuan yang sedang mengandung atau hamil dilarang makan durian akibat buah panas... ternyata disini saya temukan bahwa makn durian boleh.. benar juga... boleh makan tapi punya batas๐Ÿ˜๐Ÿ˜ makasih dokter

    BalasHapus
  2. Wah.. Ternyata durian tidak masalah pada wanita yang mengandung ya? Makasih atas sarannya...

    BalasHapus